Mengenai Saya

Foto saya
Sebelum lulus kuliah sudah menulis, dan menjadi kuli tinta.

Senin, 04 Januari 2010

Enaknya MINUM KOPI DI PERKEBUNAN KOPI

Oleh : Muhammad Syukron


Jika anda bersama keluarga, relasi, atau pasangan terdekat anda melintas melalui jalur utama Semarang menuju Solo atau sebaliknya, sebaiknya anda meluangkan waktu untuk beristirahat sejenak di Kampoeng Kopi Banaran yang berada di Desa Asinan Kecamatan Bawen Kabupaten Semarang Jawa Tengah atau jika dari arah Semarang jaraknya hanya 35 KM berada di sisi kanan jalan, dan jika dari Solo 67 KM di kiri jalan sebelum terminal bis Bawen.
Disebut Kampoeng Kopi, karena letaknya persis berada di tengah kebun kopi seluas 400 hektar. Obyek wisata keluarga ini memberikan kesejukan alam kebun kopi. Lengkap dengan Coffee House, dimana setiap pengunjung dapat menikmati sajian minuman kopi dengan aneka macam jenis, seperti Cappucino, Banaran Machiato, Mochacino, Espresso, Cafelatte, Hot Chocolate, Black Coffee, Kopi Tubruk, Kopi Spesial, serta Kopi Spesial Krim, yang buah kopinya merupakan biji kopi pilihan yang berasal dari kebun yang ada di sekitar Kampoeng Kopi tersebut. Kopi yang diolah dengan cara tradisional tersebut mempu memberikan sensasi tersendiri bagi pengunjung yang meminumnya.
Menurut Manager Kampoeng Kopi Banaran, Totok Indarto, pengunjung dapat pula menikmati paket wisata edukasi, yakni pengenalan tanaman kopi, tanaman kakao dan tanaman karet yang ada di sekitar obyek wisata tersebut, pengunjung juga dapat menikmati paket wisata petik kopi di kebun dan mengolahnya sendiri yang didampingi oleh pemandu secara langsung. Sementara untuk pengunjung yang ingin menikmati suasana keasrian kebun kopi seluas 400 hektar ini, dapat menyewa kereta wisata untuk berkeliling di kebun kopi bersama keluarga, relasi ataupun pasangan terdekat, sambil menikmati pemandangan Danau Rawa Pening yang berada di sisi selatan perkebunan tersebut.
Dan jika anda gemar fotografi, obyek wisata ini juga menawarkan kepada pengunjung untuk melakukan hunting foto. Biasanya para fotografer memotret kegiatan para petani kopi yang sedang melakukan panen, meski kegiatan panen tersebut hanya berlangsung pada bulan Juli dan Agustus saja.
Bahkan jika anda menginginkan melakukan petualangan bersama keluarga dan anak-anak tercinta saat akhir pekan, obyek wisata yang dikelola oleh PT. Perkebunan Nusantara IX ini juga dilengkapi dengan fasilitas kolam renang anak-anak dan dewasa, lapangan tenis, outbound kids, Off Road ATV, Camping Ground, dan Flying Fox.dan Play Ground.
Dengan harga yang terjangkau, obyek wisata dengan nuansa alami perkebunan kopi ini dapat dijadikan sebagai tempat kegiatan, seperti seminar, gathering, pernikahan, perpisahan, pentas musik, pentas teater, maupun kegiatan temu kangen, karena obyek wisata ini juga dilengkapi dengan Gedung Griya Robusta yang mampu menampung 800 orang. Meski obyek wisata ini direncanakan pada 2010 baru akan dilengkapi dengan Home Stay, pengunjung yang ingin menginap, pihak manajemen obyek wisata ini telah bekerjasama dengan Grand Wahid Hotel dan Laras Asri Hotel Salatiga, hotel yang memiliki fasilitas lengkap namun harganya sangat terjangkau. Transportasi dari hotel menuju Kampoeng Kopi ini disediakan armada antar jemput oleh pihak obyek wisata ini. Karena sering padatnya pengunjung dari luar kota yang menggunakan waktunya di obyek wisata ini pada akhir pekan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar