Mengenai Saya

Foto saya
Sebelum lulus kuliah sudah menulis, dan menjadi kuli tinta.

Senin, 04 Januari 2010

Wisata Nostalgia : Kuda Debhog dan Kuda Blarak

Oleh : Syukron

Jika anda ingin menggunakan hari libur, untuk melakukan kunjungan wisata, tidak salahnya anda memilih obyek wisata nostalgia masa kecil dengan berkunjung ke Dusun Suruhan Desa Keji Kecamatan Ungaran Barat Kabupaten Semarang. Di dusun kecil ini anda dapat menikmati seluruh kesenian khas Kabupaten Semarang, seperti kuda lumping, kuda debhog, campursari yang dimainkan oleh anak-anak, orang dewasa sampai orang tua, maupun mainan masa kecil anda, seperti main egrang, dakon, engklek, bekelan, lompat tali, petak umpet.
Untuk dapat menikmati wisata nostalgia anda harus melakukan pemesanan terlebih dahulu. Karena obyek wisata ini dikelola oleh Yoss Traditional Centre sejak tahun 2005 hanya menyajikan wisata nostalgia jika ada yang melakukan pemesanan.
Menurut Pendiri YTC yang juga tim kreatif Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Dispartabud) Kabupaten Semarang, Yossiady BS, kesenian kuda debok dan wisata nostalgia di Dusun Suruhan, ini juga memberikan efek ganda bagi pemberdayaan ekonomi warga dusun.
Di dusun ini pihaknya memberdayakan seni kuda lumping yang sudah puluhan tahun hampir mati, hidup kembali. Menurutnya, tari kuda debok dan dolanan tempo dulu merupakan sarana untuk menghadirkan wisatawan. Dengan datangnya banyak pengunjung, maka hasil kerajinan dan industri kecil di desa tersebut laris manis setiap pekannya.
Seperti di Dusun Suruhan ini, dari anak-anak yang memainkan egrang, ibu-ibu yang membuat makanan khas untuk dijual, dan bapak-bapak menabuh lesung, semua mendapat honor setiap minggunya.
Selain di Dusun Suruhan, pihaknya saat ini tengah mengembangkan obyek wisata serupa di Desa Bejalen Kecamatan Ambarawa. Dengan menciptakan kesenian khas Kuda Blarak, Desa Bejalen yang memiliki hasil buah salak terbesar di Kabupaten Semarang ini, juga disuguhkan paket wisata nostalgia seperti di Dusun Suruhan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar