Mengenai Saya

Foto saya
Sebelum lulus kuliah sudah menulis, dan menjadi kuli tinta.

Senin, 04 Januari 2010

KOPENG, WISATA DI LERENG MERBABU

Oleh : Kang Syukron

Jika anda melintas dari Megalang melalui jalur alternatif menuju Salatiga, pasti anda akan melewati kawasan wisata Kopeng. Ya, Kopeng merupakan salah satu desa yang ada di Kecamatan Getasan Kabupaten Semarang. Atau sekitar 15 kilometer dari Kota Salatiga dan 25 kilometer dari arah Magelang. Lokasi wisata yang terletak di ketinggian 1.450 meter diatas permukaan laut (dpl) ini diapit oleh tiga buah gunung besar, yakni Gunung Telomoyo, Gunung Merbabu dan Gunung Andong. Keindahan hamparan tanaman bunga dan sayuran sangat cocok untuk anda yang setelah sepekan larut dalam kesibukan, untuk beristirahat menikmati hawa sejuk di Kopeng ini. Hutan wisata Umbul Songo, sangat pas untuk anda bersama keluarga melakukan kegiatan bersama, seperti outbond, kemah atau sekedar makan bersama ditengah hutan pinus yang asri.
Untuk kegiatan bersama seperti rapat, seminar, gathering, atau pelatihan di obyek wisata Kopeng ini juga tersedia puluhan hotel mulai dari Melati 1 hingga Melati 3 serta gedung-gedung pertemuan mulai dengan kapasitas 50 orang hingga 500 orang.
Pengunjung dapat pula menikmati keunikan air terjun Umbul Songo, dimana air yang terjun dari atas bukit ada sembilan buah, dan jika kemarau, air yang bersumber dari Gunung Merbabu ini tetap mengalir deras.
Menurut Kepala Desa Kopeng, Sumadi, menjelaskan, dalam 2 tahun terakhir ini, obyek wisata ini juga dilengkapi dengan Desa Wisata, dimana pengunjung dapat secara langsung berbaur dengan masyarakat yang sedang menanam sayuran dan buah strowberry. Buah kecil berwarna merah dengan bintik-bintik hitam tersebut tidak saja memikat turis lokal untuk berkunjung, namun juga menghidupkan ekonomi para petani agribisnis di wilayah Kopeng dan sekitarnya.
Wisata petik strowberry juga akan anda jumpai di sepanjang jalan Desa Kopeng ini, untuk setiap pengunjung yang memilih untuk berwisata petik Strowberry, dan membawa pulang buah berasa kecut manis tersebut, akan dikenai biaya 50 ribu untuk per kilogramnya. Atau anda ingin sensasi lain, 20 an rumah strowberry di Kopeng juga menawarkan bentuk jus strowberry yang dapat membuat kerongkongan pengunjung kecanduan.

Fasilitas lain dari obyek wisata ini adalah Gelar Kesenian Rakyat, seperti Tari Warokan dan Tari Keprajuritan yang menjadi kesenian khas masyarakat di Desa Kopeng.
Usai anda mengunjungi obyek wisata ini, jangan lupa untuk mampir sejenak di pasar sayur dan pasar bunga, anda akan mendapatkan berbagai jenis sayuran segar dan bunga dengan harga yang sangat murah untuk anda bawa pulang kerumah, oleh-oleh khas Kopeng, seperti Getuk waluh, Geplak Waluh, dan Emping Waluh juga bisa anda peroleh di sepanjang kios di desa Kopeng ini untuk dijadikan buah tangan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar